Thursday, September 29, 2016

APA YANG SAYA BUTUHKAN UNTUK BELAJAR FOOD FOTOGRAFI?

food fotografi itu merupakan salah satu genre/ aliran / sekte di dalam fotografi. ( tapi bukan aliran sesat yangs edang banyak di bcarakan di media ya ) ja di kita harus tau dahulu arti dari food fotografi. fotografi makanan , intinya adalah salah satu genre fotografi dimana kita merekam / melukiskan / mendokumentasikan sebuah makanan menjadi sebuah gambar, dan kalobisa dengan hanya melihat foto saja seseorang hanyut dan bisa merasakan makanan itu. maksud ya... mohon maaf kalo agak anh penjelasanya.  pastikan anda sudah membaca  HAL PENTING YANG HARUS ANDA KETAHUI terlebih dahulu

lalu apabila teman semua kok bertanya apa yang harus saya butuhkan. maka saya akan menjawab " anda membutuhkan beberapa alat yang berguna untuk momotret pada umumnya " seperti kamera dengan lensanya, lalu makanan, dan beberapa asesorisnya. oleh karena itu saya akn memperkenalkan beberapa alat yang saya punya untuk memberikan gambaran kepada teman semua. ingat hanya gambaran jadi tidak harus seperti ini.

1. KAMERA 
namanya juga mau motret maka wajib pakai kamera ya. apapun bentuknya. mulai dari kamerahandphone hingg kamera dslr / mirorles. pokonya apapun yang bisa merekam gambar menjadi bentuk foto.  untuk kamera saya menggunakan sony alpha 7. saya beli 2nd waktu itu. tahun 2016 awal.  apakah harus sony? tidak.. saya bukanlah marketing dari merk dagang inicuman kebetulan saya memakai prouk ini. jadi apapun  merk kameranya yang penting bisa motret. 

2. LENSA 

lensa adalah alat optik yang digunakan untuk membiaskan cahaya dam meneruskan ke sensor.  untuk lensa saya menngunakan nikkor 50mm, canon 24-85mm dan samyang 14mm. lha kok bodynya sony malah lensanya bukan sony. hehehe alasanya di dana bos, ga kuat kalo beli lensa sony FE. masih mahal. ya semoga saja dapet rejeki dan bisa beli lensa yang se pabrik. 



3. FLASH

Flash / blitz / speedlight adalah alat yang bisa membuat sebuah cahaya buatan. yang bertujuan untuk memberikan biasan cahaya terarah sehingga bisa mebuat efek khusus terhadap "obyek" yang di sinarinya. kalo flash saya punya 2 flash merk cina. yatu viltrox dan yongnuo.  cukup familiar di kalangan tukang foto keliling seperti saya. tapi saya sendiri lebih senang pakain viltroxnya, karena entah mengapa sepertinya lebih enak aja. harga flash ini bisa dibeli di kisaran 500rb sampai jutaan rupiah tergantung fasilitas dan fiture ya. 

4.TRIGGER

Trigger / pemicu blitz adalah alat yang berguna untuk memicu blitsz / flash untuk mengeluarkan cahaya. dan kita bisa mengatur arah cahaya tersebut. dan hebatnya lagi trigger modern sekarang sudah bisa mengatur seberapa besar cahaya yg harus di pencarken ke obyek. tapi harus berani rogoh kantong agak dalam gan. 

mungkin itu beberapa senjata utama saya. dan jika ada tambahan akan kita jelaskan nanti. karena ada bebrapa alat yang di gunakan , seperti softbox, reflektor, difuser, filter, gel warna , dll. tapi menurut saya itu tidak wajib alias sunah. hihiii.. 




No comments:

Post a Comment