Friday, September 30, 2016

MEMOTRET ONDE ONDE

motret onde onde
onde onde
MOTRET ONDE ONDE, makanan familiar di indonesia , sangat mudah kita mencari onde-onde. di setiap sore di area publik dan keramaian sepertinya kita tidak akan mengalami kesulitan menemukan makanan satu ini. apakah karena bisa dibilang "terlalu mudah" untuk di temui sehingga kita kadang menganggap sepele , bahkan ada yang bilang " ah cuman onde onde" ga ada specialnya... hmmmm ya sepeerti itulah kita ( begitu juga saya ) kadang menyepelakan yang terlalu sering kita temui. bahkan kita lebih tertarik dengan makanan yang mahal , warna warni, kebarat baratan  seperti fried cassava with brown sugar padahal artinya ( singkong goreng gula jawa ). atau beberapa junkfood yang memang bukan dari negara kita sendiri, sehingga mungkin makanan asing itu lebih menarik. dan terbukti literatur mengenai onde onde sedikit yang bsia kita dapatkan...  ah sepertinya saya sudah mulai ngelanturn menulis.. kembali lagi ke topik utama. 

memotret onde onde
wadah onde onde dan tissue untuk alas


memotret onde onde. pastilah kita membutuhkan onde onde sebagai obyek utama kita.  jadi silahkan mencari onde2 di sekitar anda. saya sendiri membeli onde onde dengan harga satu plastiknya 2500 rupiah, saya membeli2 kantung plastik isi 10 onde2 ukuran kecil. dan alhamdulilah saya dapet 20 onde onde.  yang saya letakkan di sebuah wadah aluminium kecil dan saya alasi tissue untuk lebih menarik. 

saya memotret malam hari sekitar jam 9 malam, sehingga cahaya lampu cukup redup, sehingga saya membutuhkan flash external yang berguna untuk menyinari dengan cahaya terarah flash yang saya gunakan adalah flash viltrox yang saya kawinkan dengan trigger pt-NE agar saya bisa memotret dengan teknik off shoe, dan sebagai alat untuk memperlembut cahaya, saya menggunakan payung difuser,  flash dan difuser saya letakan di jam 1 sebelah kanan obyek utama dan dengan sudut 45 derajat.  dengan power 1/4.  

behind the scene
bagian alas saya menggunakan triplex / kayu lapis yang masih ada corak kayunya. dan ada beberapa potongan janur sisa motret manten hahaha...   gambar itu dalah tangan istri saya yang saya mintai tolong untuk menujukan hasilnya karena gambar kan bisa langsung di share ke tab. hihihi... 

setelah kita yakin dan mantab dengan satu gambar makan langsung kita oleh secara digital, untuk pengolahan saya ada 2 alikasi yang sering saya paiak adalah adobe lightroom 5.0 atau photoshop CS 6. untuk gambar ini saya hanya menggunakan adobe photoshop cs.6. saya hanya mengatur crooping untuk komposisi , shadow, kontras dan white balance. sudah..  untuk memepercantik saya berikan tulisan bahwa itu onde onde,   dan watermark minimalis, biar kaya fotografer beneran, hahahaay.. begitulah sedikit penjelasan bagaimana foto onde onde itu terbentuk.  untuk beberapa pertanyaan bisa teman2 tanyakan di bagian komentar, inysllah tiap harinya saya pantau. dan pasttikan teman2 sudah baca dahulu bebrapa artikel sebelumnya. 

No comments:

Post a Comment