Tuesday, September 27, 2016

HAL PENTING YANG HARUS ANDA KETAHUI

sebelum kita memulai satu topik bahasan , maka disarankan anda mengerti tentang sistematika dari blog ini.  saya membuat blog ini adalah dengan tujuan kita sama sama belajar, seperti anda ketahui, saya bukanlah orang yang sangat ahli di bidan fotografi. saya bukan seorang fotografer dimana sekali paket potret saya menembusa angka puluhan juta rupiah. sehingga sangat diperbolehkan bagi anda semua untuk memeberikan masukan dan komentar di blog ini. yang jelas komentnya yang positif dan membagun ya... hehehe 

Point penting dari semua ini..
selain tujuan untuk saling belajar, bayangkan saja kita berada di situasi yang sama, bayangkanlah kita sedang hunting foto bersama, dan dan saya tunjukan hasil dan anda bertanya. mas , bagaimana anda membuat foto seperti itu dan disini saya akan memberitahu dan memberi penjelasan tentang bagaimana foto itu dibuat , dengan bahan apa saja, dengan posisi lampu yang seperti apa , posisi bagaimana , dengan bukaan diafragma berapa , speed berapa.... cukup mudah ya. jadi jangan harap anda menemukan saya pake deep of field, exposure, dan kata kata njelimet teknik tinggi... hmm disini insyallah tidak ada. ya hanya ada istilah umum di bidang perkameranan. hehehe. 

kadang saya menyebut merk seperti canon, nikon , sigma , tamron , manfroto , yongnuo, atau merk2 menakutkan di bidang fotografi, tapi tenang saja sahabat2ku semua, bahwa saya bukanlah ambasaddor dari merk merk itu. dan saya tidak mendapatkan keuntungan apapun dari penyebutan merk merk familiar  itu tetapi bisa jadi itu adalah beberapa alat yang saya gunakan untuk membantu saya memnghasilkan gambar. 

apakah saya harus membeli alat2 mahal itu?
tidak, saya tidak akan menyuruh anda untuk membeli tripod manfrottoo ballhead yang haganya mungkin sama dengan kamera nikon d3100. atau membeli lensa canon 70-200 yang harganya bisa untuk membeli motor honda matic. tapi disini saya hanya akan bilang bahwa saya memotret menggunkaan lensa 50mm dengan bukaan diafragman f8 dimana itu bisa anda dapatkan di lensa kit dari kamera anda. jika saya menuliskan flash janganlah anda berfikir harus dengan flash mahal. oh no... tidak seperti itu. jadi kesimpulanya , kita tidak harus membeli perlengkapan yang di gunakan untuk profesional , tetapi untuk membentuk sebuah gambar yang hampir mendekati pro maka kita membutuhkan alat yang ungsinya sama dengan apa yang dipunyai oleh para PRO itu. 



No comments:

Post a Comment